Jl. Tebet Barat Dalam Raya No.12, Jakarta 12810 info@geibtechforlearning.org +6221 2854 2020
minyak bumi

Informasi Pangsa Minyak di Bulan Maret-May

Dari Kazakhstan ke Laut Utara dan Amerika Serikat, minyak mentah fisik telah melonjak nilainya dalam beberapa hari terakhir tetapi reli kemungkinan akan bersifat taktis dan berumur pendek daripada menandakan pemulihan yang tepat, menurut para pedagang dan analis.

Pasar, yang melihat beberapa nilai fisik dijual dengan harga mendekati nol hanya beberapa minggu yang lalu, memang dibantu oleh pengurangan produksi oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya dan di Amerika Utara.

Tetapi ketika dunia mulai mengurangi penguncian, yang telah membatasi pergerakan sekitar 4 miliar orang untuk mencegah penyebaran virus pemulihan permintaan minyak akan lambat dan takut.

Dunia pertama-tama perlu melepas persediaan minyak mentah dan produk dalam jumlah besar sebelum memperbaiki selera minyak mentah menjadi berkelanjutan kembali.

Gagal menjual dan dengan contango yang curam, perusahaan perdagangan telah menjelajahi seluruh dunia untuk memesan penyimpanan darat dan mengambang. Struktur pasar contango berarti nilai saat ini lebih rendah daripada di bulan-bulan berikutnya, yang dapat membuatnya menguntungkan untuk menyimpan minyak sekarang untuk dijual dengan harga yang lebih tinggi nanti.

Meskipun pasar menunjukkan tanda-tanda pemulihan, banyak yang melakukan lindung nilai penyimpanan terapung mereka sekitar enam bulan hingga satu tahun dan memiliki sedikit insentif untuk menawarkan minyak mereka sekarang. Produk olahan juga disimpan di laut tetapi lebih banyak di tangki darat yang lebih murah.

Selanjutnya, struktur belum merata meskipun contango bulan depan pada berjangka telah menyempit tajam.

Menghasilkan untung dari kapal tanker minyak mentah terapung tergantung pada jangka waktu kontrak penyimpanan, artinya seorang pedagang akan melakukan lindung nilai untuk periode waktu tersebut. Pedagang tidak akan melepaskan minyak sampai kontrak berakhir, pasar datar atau dalam struktur terbalik yang disebut mundur.

Pedagang di kilang memperingatkan bahwa uptick bisa berumur pendek karena harga yang lebih tinggi bisa menakuti mereka.

“Apa yang kita lihat dalam hal pemurnian margin sejauh ini di bulan Mei lebih buruk daripada dalam dua minggu pertama bulan April dan saat itulah minyak mentah mengalami kawah,” kata Eugene Lindell, analis senior di JBC Energy.

“Ada terlalu banyak produk dalam penyimpanan. Peningkatan tajam dalam permintaan untuk produk tidak berarti sama dengan minyak mentah. Kami berhati-hati pada rebound ini karena permintaan untuk produk inti akan naik sekitar 7,5 juta barel per hari (barel per hari) pada Mei versus April, sementara permintaan minyak mentah akan naik hanya 2 juta barel per hari. Perbedaan telah meningkat tetapi dari tingkat yang sangat buruk. ”

SUMBER DAYA EROPA UNTUK SEKARANG

China adalah satu titik terang pada bulan April yang membantu memberikan landasan bagi harga fisik ketika permintaan negara mulai pulih ketika pengunciannya berkurang.

Sekarang, Eropa telah bergabung. Spanyol dan Italia telah melonggarkan aturan penguncian ketat mereka dan Jerman terus mengurangi pembatasan.

“Kami melihat beberapa permintaan dari kilang Eropa, bukan Asia sekarang. Beberapa perusahaan bersiap untuk meningkatkan operasi, memulai kembali unit,” kata seorang pedagang dengan perusahaan minyak utama.

Lebih banyak permintaan minyak mentah Rusia terlihat dari Polandia, Italia, Finlandia, Prancis, dan Belanda tepat pada saat rencana pemuatan dikurangi 40% pada bulan Mei. Ural tingkat ekspor utama Rusia naik ke premium sampai dengan Brent pada akhir April dari sekitar minus $ 4 per barel.

Exxon Mobil Corp telah mengambil setidaknya 3-4 kargo kelas juga, menggantikan China sebagai pembeli besar dibandingkan dengan April. Ekonomi ke Asia kurang menguntungkan dengan contango yang lebih sempit.

Demikian pula, Blend ESPO Rusia yang berfokus di Asia terakhir kali dijual dengan diskon $ 1- $ 1,30 per barel untuk penawaran harga Dubai pada akhir April, naik $ 4 dari rekor diskon terendah.

Azeri Light telah melonjak sekitar $ 4 untuk diperdagangkan dengan premi antara $ 2- $ 3 per barel untuk tanggal Brent sejak minggu lalu sementara Blend CPC Kazakh naik $ 5 sejak April.

Tarif angkutan juga telah merosot sejak pekan lalu meminjamkan kenaikan multi-dolar ke nilai yang dijual secara bebas seperti di Laut Utara, yaitu Troll dan Oseberg, dan Afrika Barat, seperti Angola Girassol.

Nilai-nilai A.S. termasuk WTI Midland, Mars dan WTI MEH juga telah melonjak karena peningkatan produksi ditutup. Secara keseluruhan, output diperkirakan turun antara 3,5 juta dan 4,4 juta barel per hari pada bulan Mei di Amerika Serikat dan Kanada, Plains All American Pipeline LP mengatakan dalam panggilan pendapatan pada hari Selasa.

“Sekarang harga rata telah naik … Saya ditawari beberapa barel hari ini untuk Juni dari produsen yang awalnya memotong,” kata seorang pedagang yang berbasis di A.S.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *